Rabu, 17 Oktober 2018


Custom Union
Bagian I
Pengertian Custom Union
          Custom union (CU) merupakan FTA yang meniadakan hambatan pergerakan komoditi antar negara anggota dan menerapkan tarif yang sama terhadap setiap negara – negara bukan anggota. Efek kesejahteraan statis dari sebuah persekutuan pabean diuukur melalui penciptaan perdagangan  dan pengalih perdagangan. Penciptaan perdagangan terjadi ketika produksi domestik digantikan oleh impor dan produsen dengan biaya yang lebih rendah dan lebih efisien di dalam persekutuan pabean. Hal ini meningkatkan kesejahteraan. Pengalihan perdagangan terjadi ketika impor berasal dari pemasok di luar persekutuan pabean digantikan dengan pemasok dari dalam persekutuan pabean dengan biaya yang lebih tinggi. Hal ini mengurangi kesejahteraan. Efek kesejahteraan dinamis lebih penting dan terjadi ketika persaingan dan skala ekonomis yang meningkat dan tingkat investasi yang lebih tinggi menjadi mungkin dalam integrase ekonomi.
          Suatu bentuk integrase ekonomi yang mengadakan pembesaran tarif perdagangan dalam perdagangan diantara sesama anggota dan penentuan suatu tarif yang jumahnya sama dalam perdagangan dengan negara non anggota. Dengan kata lain, dalam perdagangan sesame negara anggota terdapat pembebasan bea cukai, sedangkan untuk negara yang bukan anggota ada kebijakan bea cukai, yaitu penetapan tarif bea yang jumlahnya sama.
          Serikat pabean ( custom union ) adalah persetujuan antara dua negara atau lebih untuk menghilangkan hambatan perdagangan yang berupa pengurangan atau peniadaan bea masuk. Serikat pabean berbeda dengan perdagangan bebas. Hal ini karena negara di luar anggota serikat pabean akan dikenakan tarif umum. Persetujuan ini adalah bentuk parsial dari integrase ekonomi yang menawarkan langkah menengah antara zona perdagangan bebas yang memungkinkan perdagangan bebas tetapi tidak memiliki sistem tarif umum) dan pasar umum (dikenakan tarif umumdan memungkinkan gerakan bebas dari sumber daya seperti modal dan tenaga kerja antara negara – negara anggota). Sebuah zona perdagangan bebas dengan tarif umum adalah serikat pabean.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!